Senin, 01 Januari 2018

Review Lukisan Impression Sunrise Karya Claude Monet, the Most Beautiful Painting in My Life


Impression Sunrise, Le Havre in A Piece
 of the Canvas




Karya         : Claude Monet
Tahun : 1872
Media        : Oil on canvas
Dimensi     : 48 cm × 63 cm (18.9 in × 24.8 in)
Lokasi : Musée Marmottan Monet, Paris

Lukisan Impression Sunrise adalah lukisan terkenal  oleh Claude Monet yang diciptakan dari sebuah adegan di pelabuhan Le Havre. Lukisannya Impression, Sunrise adalah lukisan yang sangat bersejarah karena dari lukisan inilah asal nama penamaan aliran impresionisme dibuat.  Claude Monet dikenal juga dengan nama Oscar-Claude Monet atau Claude Oscar Monet (lahir di Paris, 14 November 1840 – meninggal di Giverny, 5 Desember 1926 pada umur 86 tahun) adalah pelukis Perancis dengan aliran impresionisme. 

Lukisan Impression, Sunrise adalah lukisan pemandangan yang sangat indah dan sangat nyaman untuk dilihat secara keseluruhan. Sesuai dengan alirannya, lukisan ini menampilkan kesan-kesan pencahayaan yang kuat, dengan penekanan pada tampilan warna dan bukan bentuk. Lukisan ini dibuat bukan untuk menunjukkan pemandangan pelabuhan Le Havre yang akurat, namun untuk merekam kesan pertama saat melihat pemandangan tersebut. Hal itu persis seperti yang pernah dikatakan Claude Monet tentang lukisannya “Itu benar-benar tidak bisa lewat sebagai pandangan Le Havre.”. Karena memang impresionisme yaitu aliran seni lukis yang penggambarannya sesuai dengan kesan saat objek tersebut dilukis dan lukisan Impression, Sunrise adalah lukisan yang sempurna untuk menggambarkan aliran impresionisme yang akurat.

Claude Monet memakai goresan warna-warna pendek, pecah, dan sekaligus murni yang memberikan nyawa kepada lukisan. Penekanan lukisan kemudian bergeser kepada kesan keseluruhan daripada detail-detail objek tertentu. Oleh karena itu, kita bisa menemuka pohon-pohon yang digambar ala kadarnya dan juga matahari berwarna jingga kemerahan bulat yang mendominasi lukisan tersebut. Jika kita melihat lebih teliti, dalam lukisan tersebut terdapat ikan-ikan yang hanya digambarkan dengan sapuan kuas tanpa memberikan bentuk ikan pada umumnya. Perahu yang dilukiskan juga digambarkan secara sederhana tanpa teknik yang berlebihan dengan dua orang didalamnya yang digambar dengan warna hitam. Selanjutnya langit-langit dibuat dengan perpaduan warna yang sangat pas dan indah tanpa digambarkan secara detail. Lukisan ini lebih seperti sketsa sederhana yang dibuat dari perpaduan warna yang pas. Pohon, ikan, laut, langit dan perahu memang dibuat sebegitu rupa karena lukisan ini harus dilihat dari sudut pandang keseluruhan bukan ke detail.

Ada juga yang mengatakan karakteristik utama lukisan impresionisme adalah kuatnya goresan kuas, warna-warna cerah (bahkan banyak sekali pelukis impresionis yang mengharamkan warna hitam karena dianggap bukan bagian dari cahaya), komposisi terbuka, penekanan pada kualitas pencahayaan, subjek-subjek lukisan yang tidak terlalu menonjol, dan sudut pandang yang tidak biasa. Namun, penggunaan warna-warna cerah dan pengharaman warna hitam tidak berlaku pada lukisan Impression, Sunrise karya Claude Monet. Karena dapat kita lihat kukisan ini menggunakan perpaduan warna yang lebih kalem yaitu dengan perpaduan warna biru dan jingga yang memang menggambarkan waktu sore  dengan sangat tepat. Lukisan ini juga menggunakan warna hitam pada gambar perahu. Hal ini karena lukisan Claude Monet diciptakan pada awal munculnya aliran impresionisme sehingga masih terbawa warna-warna gelap dari lukisan-lukisan yang biasa dibuat pada abad 19 yang pada saat itu masyarakat lebih menghargai warna gelap dan suram pada lukisan.

Karena itulah lukisan Impression, Sunrise ini berbeda dengan karya-karya Claude Monet lainnya seperti The Artist's Garden at Giverny, The Garden at Sainte-Adresse, Water Lilies Green Reflection , dan Madame Monet and Child yang lebih berani menggunakan warna yang lebih terang begitu juga dengan lukisan impresionisme yang berkembang abad ini. Meskipun begitu lukisan Impression, Sunrise tetap mengandung gaya lukisan Claude Monet yang biasanyayang tidak bisa dipisahkan dari alirannya, karena aliran impresionisme ada karena lukisan ini. Dan menurut saya, lukisan ini adalah lukisan terbaik Claude Monet dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

2 komentar: